Minggu, 27 Oktober 2013

[ISD] Warga Negara dan Negara

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Warga Negara dan Negara

Sosok seorang B.J. Habibie yang merupakah mantan presiden Republik Indonesia ke-3 adalah salah satu sosok warna negara yang sangat membanggakan. Beliau merupakan contoh warna negara yang sangat mencintai negara nya, yaitu indonesia. Walaupun ia sudah memiliki pekerjaan dan penghidupan yang mapan ketika masih berada di Jerman, tetapi dia berjanji untuk setia pada Indonesia dan ingin membangun Indonesia agar menjadi bangsa yang mandiri. Usaha dan pengabdiannya yang begitu besar dan butuh kebesaran hati yang mungkin sangat jarang dimiliki oleh banyak orang.
Begitulah seharusnya seorang warga negara, tetap mencintai dan mengabdi pada negara nya. Mematuhi segala hukum dan aturan yang ada pada negara tersebut. Kita sebagai warga negara Indonesia yang berasal dari berbagai suku dan bangsa Indonesia harus bersama-sama membangun negara kita, menjadi negara yang mandiri dan produktif. Ada banyak hal yang dapat kita lakukan sebagai warga negara secara bersama untuk mewujudkan tujuan negara ini, tidak hanya dalam satu bidang saja tetapi juga di berbagai bidang. Hal tersebut bisa dimulai dari hal kecil yang nantinya akan menjadi besar, seperti mengikuti perlombaan ilmu pengetahuan tingkat sekolah hingga tingkat internasional.


Menurut saya, kualitas dari warga negara akan menjadi cerminan bagi negara tersebut. Jika warna negaranya memiliki kualitas pemikiran yang baik, ide-ide yang cemerlang, niat yang teguh untuk memerdekakan negaranya pasti negara tersebut akan maju dan tidak akan terus bergantung pada negara lain. Seandainya saja semua warga negara Indonesia memiliki pemikiran untuk memberdayakan sumber daya manusia seperti B.J. Habibie, pastinya negara ini akan menjadi negara yang maju, disegani negara lain, tidak bergantung pada negara lain dan dapat mengurangi hutang negara pada dunia. Negara ini memiliki sumber daya alam yang begitu melimpah dan sangat sayang bila harus dieksploitasi oleh negara lain, lebih baik kita sebagai warga negara Indonesia harus mulai bergerak untuk memberdayakan sumber daya manusia Indonesia agar bangsa kita menjadi bangsa yang produktif dan negara Indonesia bisa menjadi negara yang maju dan berkembang.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template