Minggu, 27 Oktober 2013

[ISD] Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Pelapisan Sosial dan Kesamaan Derajat

Mungkin sebagian dari kita masih ingat tentang pelajaran sejarah yang membahas tentang kasta atau pembagian masyarakat yang sangat lekat dalam masyarakat agama Hindu terutama pada masyarakat Bali. Masyarakat Hindu di Bali mengenal sistem kasta, yang mana kasta tersebut terbagi menjadi empat bagian yaitu Kasta Brahmana, Kasta Kesatria, Kasta Weisya dan Kasta Sudra. Dari sebuah artikel yang pernah saya baca, pembagian Kasta pada masyarakat Bali dapat dengan mudah ditemukan yaitu dengan adanya perbedaan nama gelar pada setiap kasta. Berbeda dengan jaman sekarang, pemberian nama merupakan hak asasi manusia, sehingga tidak ada lagi istilah nama yang menunjukkan suatu gelar.
Dari hal ini, kita dapat mengetahui bahwa pemberian nama sangat berpengaruh pada jaman dahulu karena berkaitan dengan gelar. Tidak hanya di Bali, pasti di setiap daerah ada pemberian nama gelar sesuai kasta. Hanya saja mungkin di daerah lain tidak menggunakan kasta untuk membedakan tiap golongan. Misalnya di Sulawesi ada nama Fam, di Sumatera ada nama marga, dan lain sebagainya.

Seiring dengan berjalannya waktu, pemberian nama berdasarkan kasta tidak dihiraukan lagi oleh masyarakat pada umumnya. Hal ini berdampak positif sehingga di Indonesia sudah berkurang pengaruh kastanya. Karena pada dasarnya, kita sebagai rakyat di Indonesia memiliki hak-hak yang sama sebagai seorang warga negara, tidak perlu ada yang dibedakan. Bila ada pembedaan satu orang dengan orang lain berdasarkan kasta, itu akan menyebabkan kesenjangan sosial di lingkungan masyarakat. Walaupun status sosial setiap orang berbeda-beda tetapi kita tidak boleh memandang orang lain sebelah mata, kita harus tetap saling menghormati dan menghargai satu sama lain, serta menjalin hubungan yang harmonis sesama rakyat Indonesia.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template