Jumat, 18 Oktober 2013

[ISD] Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    1KA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Penduduk, Masyarakat dan Kebudayaan

Di lingkungan rumah saya terdapat masyarakat yang berbeda-beda suku, agama dan kebudayaan. Sebagian besar penduduk adalah suku jawa, selebihnya ada yang orang asli jakarta atau biasa dibilang orang betawi, orang sunda, orang batak sampai orang manado. Walaupun berbeda-beda suku, tetapi hubungan antar masyarakatnya sangatlah baik. Kebersamaan sangat kental dirasakan di lingkungan kami, pernah ketika ada orang yang baru pindahan ke lingkungan rumah saya, dia mengatakan bahwa di sini masyarakatnya sangat ramah dan kekeluargaan.
Ada beberapa program tingkat RT (Rumah Tangga) yang memang dirancang khusus untuk mengutamakan kebersamaan antar masyarakat di lingkungan rumah saya, seperti dilaksanakannya pengumpulan uang paguyuban dimana dana tersebut dikumpul dan digunakan untuk membeli peralatan – peralatan yang dapat digunakan dalam berbagai acara, seperti tenda, kursi, piring – piring, sehingga apabila ada suatu acara di rumah salah satu warga, jika ia tidak memiliki peralatan yang lengkap bisa meminjam ke pengurus RT. Kemudian ada pengumpulan uang kematian, yang fungsinya digunakan untuk memberikan uang belasungkawa ketika ada warga atau keluarga warga yang meninggal dunia, sehingga masyarakat tidak perlu keliling kampung untuk mencari uang sumbangan untuk belasungkawa.

Dengan adanya program – program tersebut, hubungan antar masyarakat semakin erat dan harmonis, walaupun berbeda suku dan kebudayaan. Terkadang ketika berkumpul malah sering ada pembicaraan ringan yang menghibur ketika sama sama berbicara dengan bahasa daerahnya masing – masing. Sehingga terkadang ketika sedang beramah tamah, orang betawi pun bisa ikutan bicara dengan bahasa sunda. Ada banyak cara untuk membuat hubungan kekeluargaan yang baik antar masyarakat di dalam suatu daerah, hanya bagaimana menumbuhkan kesadaran dalam diri masing – masing orangnya apakah ingin hidup bermasyarakat atau tidak. Karena pada dasarnya manusia itu tidak dapat hidup sendiri, pasti membutuhkan orang lain tidak pandang siapa mereka, dari suku mana, agamanya apa dan tingkat sosialnya seperti apa. 

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template