Jumat, 18 Oktober 2013

[ISD] Individu, Keluarga dan Masyarakat

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    1KA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Individu, Keluarga dan Masyarakat

Saya terlahir dari keluarga yang memiliki beragam sifat, seperti ayah saya yang memiliki sifat keras, berpendirian kuat dan agak kaku. Berbeda dengan ibu saya yang memiliki sifat lembut, keibuan, ramah dan mudah bergaul dengan orang lain. Tentunya keluarga adalah tempat sekolah pertama bagi seorang anak, dimana akan terbentuk karakteristik seorang anak tergantung lingkungan dan bagaimana orang tua mendidiknya. Peranan orang tua saya sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang serta pembentukan karakteristik dalam diri saya. Orang tua saya selalu mengajarkan saya untuk berbuat baik terhadap siapapun, menghormati siapapun yang lebih tua, menyayangi sesama dan bersikap ramah terhadap orang lain. Ilmu – ilmu agama pun sudah mulai diajarkan sejak saya kecil, saya diajarkan cara sholat yang baik dan benar, membaca iqro hingga bisa membaca al-Qur’an.
Dengan berbekal ilmu yang telah diberikan orang tua saya, maupun ilmu yang saya dapat dari lingkungan sekolah, saya terbentuk menjadi pribadi yang selalu ingin bersosialisasi dalam masyarakat, mau menghormati dan menyayangi orang lain serta selalu berusaha ramah dan bersikap baik pada orang lain. Menurut saya, seseorang dapat hidup berdampingan dengan baik di lingkungan masyarakat apabila ia mau saling mengerti dan menghargai sesama, serta bersikap sopan santun di masyarakat. Kadang saya suka merasa miris, melihat tingkah laku anak jaman sekarang yang kurang sopan dalam bertutur kata, berpakaian serta bertingkah laku dalam lingkungan masyarakat. Bisa jadi anak tersebut kurang mendapatkan perhatian dari orang tuanya, karena bagaimana terbentuknya karakteristik seorang anak sangat kuat dengan peranan orang tua dalam mendidiknya dari ia kecil. Selain dari peranan orang tua, pengaruh lingkungan juga dapat membentuk karakteristik seseorang sehingga sebaiknya kita harus bisa selektif dalam bergaul di lingkungan masyarakat.


Seorang individu dapat menjadi seseorang yang baik apabila ia terbentuk dari keluarga dan lingkungan yang baik, selain itu pribadi individu sendiri juga harus memiliki kesadaran bagaimana ia harus bersikap dan membentuk pola tingkah lakunya sendiri. Kita sebagai seorang individu akan terus belajar sepanjang hidup baik dalam lingkup kecil di keluarga maupun lingkup besar di masyarakat, kita akan menemukan banyak hal yang secara tidak langsung akan mempengaruhi karakteristik kita. Dengan berbekal ilmu agama dan pendirian yang kuat, seseorang akan bisa menjadi individu yang baik dimana pun dia berada.  

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template