Sabtu, 16 November 2013

[ISD] Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyrakat

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Pertentangan Sosial dan Integrasi Masyrakat

Masih segar di ingatan kita tentang banyaknya pemberitaan di media mengenai aksi penolakan ajang Miss World oleh ormas FPI. Mereka dikenal sangat keras menentang penyelenggaraan Miss World walaupun akhirnya ajang tersebut tetap jadi diselenggarakan di Bali pada tanggal 28 September 2013 yang lalu. Berbagai aksi unjuk rasa mereka lakukan untuk dapat menyampaikan aspirasi dan penolakan mereka. Hal ini tentunya menyebabkan pertentangan sosial di antara masyarakat Indonesia, ada yang mendukung dan ada yang menolak.
Memang cukup sulit dan rumit masalahnya ketika saya mengikuti perkembangan berita di media. Saya termasuk orang yang juga menolak diadakannya ajang Miss World di Indonesia. Walaupun banyak yang membela dengan mengatakan dapat membawa nama Indonesia di mata dunia, tetapi tetap saja hal tersebut sangat menyimpang dari pandangan agama. Negara Indonesia ini mayoritasnya adalah orang Islam, tetapi kebanyakan dari mereka sudah terlalu larut dengan kenikmatan budaya barat. Dapat dilihat dari cara berpakaian anak jaman sekarang yang ‘kurang bahan’ dan mengekspose bagian tubuh mereka. Saya mengkhawatirkan dengan terselenggaranya ajang Miss World di Indonesia akan membuat remaja Indonesia mengikuti trend berpakaian para peserta dari berbagai macam negara tersebut. Banyak sekali mudhorot atau hal negatifnya jika harus dijabarkan satu per satu.

Sayangnya di Indonesia sudah banyak campur tangan politik, sehingga pertentangan sosial di kalangan masyarakat terkadang diselesaikan dengan cara – cara yang menyimpang dari norma yang seharusnya. Menanggapi hal tersebut, kita harus dapat mengatasi hal – hal yang dapat menimbulkan pertentangan sosial seperti berdiskusi mencari jalan keluar yang terbaik menanggapi perbedaan kepentingan, menghindari adanya prasangka buruk dari orang lain, tidak melakukan diskriminasi terhadap pihak tertentu dan tidak menyebabkan pertentangan sosial yang dapat menyebabkan ketegangan dalam masyarakat.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template