Minggu, 27 Oktober 2013

[ISD] Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan

Agak miris rasanya kalau kita membahas mengenai masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan. Banyak sekali masyarakat pedesaan yang ingin mencicipi hidup di perkotaan, mereka menganggap hidup di kota mudah untuk mencari uang dan mendapatkan penghidupan yang layak. Kebanyakan dari mereka ingin sekali merasakan hidup di Jakarta sebagai orang kota. Nyatanya, sebagian besar dari mereka hanyalah menjadi rakyat pinggiran bahkan menjadi sampah masyarakat di tengah hiruk pikuk Jakarta dikarenakan mereka mendirikan bangunan tempat tinggal di dekat gedung perkantoran, di kolong jembatan atau di mana saja yang mereka anggap layak mereka tempati.
Jakarta menjadi kota yang kurang tertata rapih, jelas saja begitu karena masih banyak daerah kumuh yang ‘terselip’ di tengah-tengah daerah elite seperti perkantoran, mall dan perumahan elite. Seharusnya masyarakat pedesaan tetap tinggal di desa nya dan membangun desa nya agar bisa lebih maju, sehingga mereka dapat meningkatkan taraf hidupnya dari pada mereka pergi ke Jakarta tetapi malah menjadi pengangguran dan sulit mendapatkan pekerjaan.


Begitu pula masyarakat perkotaan khususnya di Jakarta, tidak semuanya hidup di lingkungan yang tata kotanya baik. Membuat bangunan tanpa ijin pemerintah, menggunakan fasilitas umum untuk kepentingan pribadi dan lain sebagainya. Untuk itu pemerintah harus melakukan kontrol terhadap masyarakatnya agar semua rakyat baik masyarakat pedesaan maupun perkotaan dapat membangun daerahnya masing – masing agar semakin maju dan dapat meningkatkan kualitas hidup mereka. Selain kontrol dari pemerintah, pribadi dari masyarakat itu sendiri sangat berperan penting. Mereka harus memiliki kesadaran bahwa tidak ada bedanya hidup di desa maupun di kota, jika mereka dapat berinovasi menciptakan lapangan kerja dan mengeksplorasi kekayaan alam di daerahnya masing-masing untuk diberdayakan sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerahnya.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template