Sabtu, 16 November 2013

[ISD] Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Kemiskinan

Berkembangnya ilmu pengetahuan membuat teknologi semakin canggih dari masa ke masa. Masyarakat juga semakin konsumtif dengan perkembangan teknologi yang sedang terjadi, khususnya dalam perkembangan gadget. Mereka kalangan orang berduit dapat dengan mudah berganti – ganti gadget yang harganya tentu tidak murah, mereka dapat merogoh kocek jutaan untuk mendapatkan gadget yang mereka inginkan. Tidak hanya satu gadget saja, mereka bisa memiliki dua bahkan tiga gadget sekaligus yang setiap hari selalu mereka bawa kemana pun mereka pergi.
Disisi lain, masih ada masyarakat yang masih ‘buta’ akan perkembangan teknologi, mereka yang berada pada garis kemiskinan hanya bisa menikmati kehidupan mereka apa adanya jauh dari kemewahan. Suatu keadaan yang sangat bertentangan, mereka yang kaya bisa sangat konsumtif menghamburkan uang untuk membeli gadget bernilai jutaan rupiah, sedangkan mereka yang miskin harus mencari nafkah untuk penghidupannya sehari – hari. Sudah memiliki gadget dengan harga murah saja mereka sudah sangat senang dan bersyukur, berbeda dengan orang kaya yang mungkin hanya menggunakan gadget mereka tidak lebih dari satu tahun kemudian berganti gadget karena ingin dibilang up to date dan keren jika menggunakan gadget keluaran terbaru.

Mungkin inilah gambaran pola pikir orang Indonesia menurut kacamata saya. Mengikuti perkembangan teknologi bukan berarti harus terus menerus konsumtif terhadap suatu produk, tetapi bisa saja mempelajari pengetahuannya tanpa harus membeli. Mereka dapat mengalokasikan penggunaan uangnya untuk membantu mengatasi kemiskinan yang masih merajarela di negara ini. Kita dapat bersama sama mengatasi kemiskinan dengan berbekal ilmu pengetahuan dan pemanfaatan teknologi secara tepat.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template