Sabtu, 16 November 2013

[ISD] Agama dan Masyarakat

Nama                :    Sekar Stuti Ratridiwasa
NPM                 :    1A113716
Kelas                 :    IKA24
Mata Kuliah    :    Ilmu Sosial Dasar

Agama dan Masyarakat

Di lingkungan tempat saya tinggal, mayoritas masyarakatnya adalah orang Islam tetapi ada beberapa keluarga yang non islam. Kami tidak pernah memperlakukan mereka berbeda dari yang lain, kami hidup bertetangga dengan sangat baik. Jika ada acara pengajian, warga pun mengundang tetapi waktunya diatur setelah membaca Qur’an supaya mereka juga tidak merasa terganggu dan tetap dapat mengikuti acara untuk mempererat tali silaturahmi. Jika mereka sedang ada acara keagamaan, kami juga tidak pernah mengusik mereka. Kami saling bertoleransi dalam kehidupan bertetangga dengan tetap menghargai kepentingan agama masing – masing.
Saling bertoleransi bukan berarti tidak ada pertentangan sama sekali di antara masyarakat di lingkungan tempat saya tinggal. Pernah suatu ketika ada satu keluarga yang melaksanakan kegiatan keagamaan di rumahnya dan hal tersebut cukup mengganggu warga di sekitar rumahnya, kemudian warga melaporkan hal tersebut kepada ketua RT. Menanggapi hal tersebut, kemudian ketua RT menegur dan memberikan pengertian agar jangan sampai mengadakan acara yang dapat mengganggu ketenangan warga sekitar. Awalnya mereka sempat marah dan tidak terima dengan pengaduan warga terhadap ketua RT, lalu lambat laun mereka dapat memahami dan mau mengerti akan keluhan warga sekitar.

Kemudian warga di lingkungan kami membuat kesepakatan jika ada acara keagamaan yang besar, sebaiknya dilaksanakan di rumah ibadah masing – masing tidak di rumah sehingga tidak mengganggu warga yang lainnya. Adanya komunikasi yang baik dan sikap mau saling bertoleransi akan dapat menghilangkan kesenjangan perbedaan agama di dalam masyarakat. Walaupun berbeda agama, tetapi kita adalah satu kesatuan yang pasti akan membutuhkan satu sama lain. Hingga saat ini, kami dapat hidup berdampingan dengan damai dan tentram walaupun adanya perbedaan, hal tersebut tidak dijadikan sebagai penghalang untuk pemersatu masyarakat sekitar.

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template