Sekedar sharing untuk teman teman
yang melanjutkan D3 ke S1 khususnya yang dari luar gunadarma untuk jurusan
Sistem Informasi. Ada beberapa poin penting yang harus dijalanin, yaitu
konversi tugas akhir kita waktu jaman D3 ke format penulisan ilmiah gundar. Walaupun
SKS nya sudah terkonversi tapi kita tetep harus melakukan penyesuaian penulisan
ilmiah sebagai syarat sidang kelulusan S1 kita, baik dari jalur skripsi maupun
kompre.
So, gimana caranya? Langkah pertama
yang dilakukan adalah konsultasi ke jurusan. Biasakan langsung inisiatif jalan
ke jurusan sendiri, ga usah pusing pusing konsul ke pembimbing akademik, karena
lebih enak kalo kita tau semuanya sendiri, info yang kita terima lebih jelas. Konsultasiin
ke jurusan kalau kita mau konversi tugas akhir kita dulu D3 ke format penulisan
ilmiah gundar. Ingat, sebaiknya lakukan ini dari awal smester masuk gundar,
karena prosesnya lama dan cukup memakan waktu.
Setelah konsultasi, jurusan akan
memberikan opsi kita bisa langsung bimbingan ke ketua jurusan atau kalau
dikoordinir bisa bareng bareng dilist nama nya dan nanti dibuatkan daftar
pembimbing penulisan ilmiah untuk kita, sehingga semuanya ga langsung ke ketua
jurusan. Pas angkatan gw, TKA13 itu dikoordinir bareng bareng untuk dapetin
pembimbing, prosesnya agak lama nunggu kabar siapa pembimbingnya sekitar hampir
1 bulan. Kalo mau lebih cepet, inisiatif rajin rajin nelpon bu Ana, sekretaris
jurusan SI untuk nanyain kapan list nama pembimbingnya bisa keluar.
Setelah nanti dapet nama
pembimbingnya, segeralah konsultasi. Jangan lupa cari nomer telepon dosennya,
hubungi dosennya, temui dosennya baik baik bilang kita mau konversi penulisan
ilmiah ke format gundar. Kalo beruntung, 2 atau 3 kali bimbingan bisa selesai
kok. Yang lama adalah ngatur jadwal ketemu dengan dosen pembimbingnya, karena
pasti banyak yang udah kerja dan susah ngeluangin waktu buat ketemu dan konsul
langsung dengan pembimbing.
Bimbingan udah selesai, udah
dapet ACC pembimbing buat bikin hard cover so selanjutnya apa lagi? Prosesnya masih
panjang sist, hehe. Bikin hard cover segera, di tukang fotokopian bilang aja
mau hard cover mereka udah paham mesti bikinnya gimana, harganya variatif di
kisaran 20k ++. Selain itu burn CD juga isinya source code aplikasi (kalau
tugas akhirnya bikin aplikasi) + penulisan ilmah dan bikin cover CD nya juga di
tukang fotokopian, abangnya udah punya format cover CD nya kok, tinggal nanti
kita edit dikit, print, tempel, beres. FYI, hard covernya 1 aja ga usah banyak
banyak, mubazir.
Hard cover beres, CD siap, cuss
langsung ke jurusan, dateng ke petugasnya bilang kalo kita mau minta ttd ketua
jurusan dan pembimbing. FYI, di lembar kata pengantar jangan lupa cantumin
ucapan terima kasih untuk ketua panitia penulisan ilmiah. Penting banget jangan
sampekelewat, soalnya PI gw pernah ditolak karena ternyata ga ada ucapan terima
kasih untuk ketua panitia PI nya T_T. Sekitar seminggu, PI kita udah selesai di
tanda tangan.
Jangan puas dulu, proses belum
berakhir sampai disini.
Proses selanjutnya adalah, upload
jurnal dan ppt dengan format gundar. Bingung gimana bikin jurnal dan ppt nya? Liat
aja epaper di website gunadarma, banyak contohnya bisa diliat. Ohya formatnya
harus PDF ya. Upload kemana? Ke student site > ke bagian perpustakaan >
upload penulisan ilmiah. Pilih kategori presentasi untuk upload ppf, dan pilih
jurnal untuk upload jurnal. Setelah upload ppt dan jurnal beres, kita akan
dapet lembar bukti upload di web nya, print 2 kertas itu, kemudian bawa buku PI
kalian dan print an 2 kertas itu ke loket perpustakaan ( di depan gedung 5
kampus D depok), kasih buku sama 2 kertas itu nanti akan dicek dan dicap,
jangan lupa untuk selalu bilang kalo kita anak transferan hanya melakukan
konversi penulisan PI ga pake sidang lagi yaaa. Selanjutnya ke loket yang
ngurusin penulisan ilmiah sistem informasi (lupa loket berapa, sekitar 11an). Setelah
itu bilang kita konversi PI dari format D3 dulu, kasih buku dan 2 kertas print
an tadi, bersyukurlah kalau hari itu langsung ditanda tangain, karena temen gw
ada yang harus nunggu lagi 1 minggu.
Setelah tanda tangan lembar
pengesahan komplit, scan bagian lembar pengesahan yang udah ada ttd pembimbing,
ketua jurusan dan ketua panitia PI. Lalu upload lagi ke student site, kali ini
pilih jeis penulisanya adalah penulisan ilmiah jenjang sarjana muda. Upload
satu persatu file nya dari bab 1 sampai lampiran. Setelah semua di upload, balik lagi ke loket
jurusan untuk diverifikasi lagi PI kita, jangan cemacem karena semua
penulisannya di cek 1 per 1 sama petugasnya, kalo semua udah valid kita akan
dikasih blanko sumbangan buku sebesar 25k, langsung bayar ke bank DKI yang ada
di kampus. Abis bayar balik lagi ke loket perpus untuk nyerahin blanko yang
tadi kita bayar. Selanjutnya blanko itu bisa kita gunakan untuk ambil surat
keterangan bahwa kita sudah melakukan konversi PI ke format gundar.
Penting juga untuk yang mau
sidang, sebelum loketnya rame buru buru deh ke loket keuangan, kasih blanko
bayaran dari awal masuk sampe smester saat itu dan krs terakhir yang asli,
nanti akan dibuatkan surat keterangan bebas keuangan sebagai salah satu syarat
sidang.
Oke PI beres, bebas keuangan
beres, selanjutnya berjuang mau sidang kompre atau sidang skripsi :D
Jangan lupa ikutan seminar,
workshop dan tes aptitude yang semua proses ini penting, ga boleh ada yang
dilewatin kalo mau bisa lulus dari gunadarma :D
Thanks guys, sorry kalo postingan
gw apa adanya karena banyak banget temen temen yang nanya gimana cara
ngurusnya, mending gw posting sekalian biar banyak yang baca. Bebas untuk
disharing ke temen temen yang lain. Maaf juga belom bisa sharing capture an
atau foto foto yang menunjang informasi ini, kalo ada waktu senggang nanti gw
update lagi postingannya. Bagi yang masih bingung, boleh langsung comment untuk
nanya ke gw hehee. Salam semangat (^^)y
--- update 10 Juli 2015---
oh iya kalo mau verifikasi buku PI yang udah ada semua tanda tangan di lembar pengesahan bawa ijazah asli D3 nya juga ya karena nanti diperiksa sama petugas loket perpusnya untuk memastikan benar kalo kita mahasiswa transfer dari luar gunadarma :D
--- update 10 Juli 2015---
oh iya kalo mau verifikasi buku PI yang udah ada semua tanda tangan di lembar pengesahan bawa ijazah asli D3 nya juga ya karena nanti diperiksa sama petugas loket perpusnya untuk memastikan benar kalo kita mahasiswa transfer dari luar gunadarma :D
2 komentar :
thx kare.....
Kare,,, ko menu perpustakaan di SS nya "OFLINE UNTUK SEMENTARA" katanya.
upload nya ke mna dong klau gtu?
Thanks
Posting Komentar