Senin, 06 Juli 2015

Info Penting buat Mahasiswa Transferan Non Gunadarma Jurusan Sistem Informasi

Sekedar sharing untuk teman teman yang melanjutkan D3 ke S1 khususnya yang dari luar gunadarma untuk jurusan Sistem Informasi. Ada beberapa poin penting yang harus dijalanin, yaitu konversi tugas akhir kita waktu jaman D3 ke format penulisan ilmiah gundar. Walaupun SKS nya sudah terkonversi tapi kita tetep harus melakukan penyesuaian penulisan ilmiah sebagai syarat sidang kelulusan S1 kita, baik dari jalur skripsi maupun kompre.

So, gimana caranya? Langkah pertama yang dilakukan adalah konsultasi ke jurusan. Biasakan langsung inisiatif jalan ke jurusan sendiri, ga usah pusing pusing konsul ke pembimbing akademik, karena lebih enak kalo kita tau semuanya sendiri, info yang kita terima lebih jelas. Konsultasiin ke jurusan kalau kita mau konversi tugas akhir kita dulu D3 ke format penulisan ilmiah gundar. Ingat, sebaiknya lakukan ini dari awal smester masuk gundar, karena prosesnya lama dan cukup memakan waktu.

Setelah konsultasi, jurusan akan memberikan opsi kita bisa langsung bimbingan ke ketua jurusan atau kalau dikoordinir bisa bareng bareng dilist nama nya dan nanti dibuatkan daftar pembimbing penulisan ilmiah untuk kita, sehingga semuanya ga langsung ke ketua jurusan. Pas angkatan gw, TKA13 itu dikoordinir bareng bareng untuk dapetin pembimbing, prosesnya agak lama nunggu kabar siapa pembimbingnya sekitar hampir 1 bulan. Kalo mau lebih cepet, inisiatif rajin rajin nelpon bu Ana, sekretaris jurusan SI untuk nanyain kapan list nama pembimbingnya bisa keluar.


Setelah nanti dapet nama pembimbingnya, segeralah konsultasi. Jangan lupa cari nomer telepon dosennya, hubungi dosennya, temui dosennya baik baik bilang kita mau konversi penulisan ilmiah ke format gundar. Kalo beruntung, 2 atau 3 kali bimbingan bisa selesai kok. Yang lama adalah ngatur jadwal ketemu dengan dosen pembimbingnya, karena pasti banyak yang udah kerja dan susah ngeluangin waktu buat ketemu dan konsul langsung dengan pembimbing.

Bimbingan udah selesai, udah dapet ACC pembimbing buat bikin hard cover so selanjutnya apa lagi? Prosesnya masih panjang sist, hehe. Bikin hard cover segera, di tukang fotokopian bilang aja mau hard cover mereka udah paham mesti bikinnya gimana, harganya variatif di kisaran 20k ++. Selain itu burn CD juga isinya source code aplikasi (kalau tugas akhirnya bikin aplikasi) + penulisan ilmah dan bikin cover CD nya juga di tukang fotokopian, abangnya udah punya format cover CD nya kok, tinggal nanti kita edit dikit, print, tempel, beres. FYI, hard covernya 1 aja ga usah banyak banyak, mubazir.

Hard cover beres, CD siap, cuss langsung ke jurusan, dateng ke petugasnya bilang kalo kita mau minta ttd ketua jurusan dan pembimbing. FYI, di lembar kata pengantar jangan lupa cantumin ucapan terima kasih untuk ketua panitia penulisan ilmiah. Penting banget jangan sampekelewat, soalnya PI gw pernah ditolak karena ternyata ga ada ucapan terima kasih untuk ketua panitia PI nya T_T. Sekitar seminggu, PI kita udah selesai di tanda tangan.

Jangan puas dulu, proses belum berakhir sampai disini.
Proses selanjutnya adalah, upload jurnal dan ppt dengan format gundar. Bingung gimana bikin jurnal dan ppt nya? Liat aja epaper di website gunadarma, banyak contohnya bisa diliat. Ohya formatnya harus PDF ya. Upload kemana? Ke student site > ke bagian perpustakaan > upload penulisan ilmiah. Pilih kategori presentasi untuk upload ppf, dan pilih jurnal untuk upload jurnal. Setelah upload ppt dan jurnal beres, kita akan dapet lembar bukti upload di web nya, print 2 kertas itu, kemudian bawa buku PI kalian dan print an 2 kertas itu ke loket perpustakaan ( di depan gedung 5 kampus D depok), kasih buku sama 2 kertas itu nanti akan dicek dan dicap, jangan lupa untuk selalu bilang kalo kita anak transferan hanya melakukan konversi penulisan PI ga pake sidang lagi yaaa. Selanjutnya ke loket yang ngurusin penulisan ilmiah sistem informasi (lupa loket berapa, sekitar 11an). Setelah itu bilang kita konversi PI dari format D3 dulu, kasih buku dan 2 kertas print an tadi, bersyukurlah kalau hari itu langsung ditanda tangain, karena temen gw ada yang harus nunggu lagi 1 minggu.

Setelah tanda tangan lembar pengesahan komplit, scan bagian lembar pengesahan yang udah ada ttd pembimbing, ketua jurusan dan ketua panitia PI. Lalu upload lagi ke student site, kali ini pilih jeis penulisanya adalah penulisan ilmiah jenjang sarjana muda. Upload satu persatu file nya dari bab 1 sampai lampiran.  Setelah semua di upload, balik lagi ke loket jurusan untuk diverifikasi lagi PI kita, jangan cemacem karena semua penulisannya di cek 1 per 1 sama petugasnya, kalo semua udah valid kita akan dikasih blanko sumbangan buku sebesar 25k, langsung bayar ke bank DKI yang ada di kampus. Abis bayar balik lagi ke loket perpus untuk nyerahin blanko yang tadi kita bayar. Selanjutnya blanko itu bisa kita gunakan untuk ambil surat keterangan bahwa kita sudah melakukan konversi PI ke format gundar.

Penting juga untuk yang mau sidang, sebelum loketnya rame buru buru deh ke loket keuangan, kasih blanko bayaran dari awal masuk sampe smester saat itu dan krs terakhir yang asli, nanti akan dibuatkan surat keterangan bebas keuangan sebagai salah satu syarat sidang.

Oke PI beres, bebas keuangan beres, selanjutnya berjuang mau sidang kompre atau sidang skripsi :D
Jangan lupa ikutan seminar, workshop dan tes aptitude yang semua proses ini penting, ga boleh ada yang dilewatin kalo mau bisa lulus dari gunadarma :D


Thanks guys, sorry kalo postingan gw apa adanya karena banyak banget temen temen yang nanya gimana cara ngurusnya, mending gw posting sekalian biar banyak yang baca. Bebas untuk disharing ke temen temen yang lain. Maaf juga belom bisa sharing capture an atau foto foto yang menunjang informasi ini, kalo ada waktu senggang nanti gw update lagi postingannya. Bagi yang masih bingung, boleh langsung comment untuk nanya ke gw hehee. Salam semangat (^^)y


--- update 10 Juli 2015---
oh iya kalo mau verifikasi buku PI yang udah ada semua tanda tangan di lembar pengesahan bawa ijazah asli D3 nya juga ya karena nanti diperiksa sama petugas loket perpusnya untuk memastikan benar kalo kita mahasiswa transfer dari luar gunadarma :D

2 komentar :

Unknown on 25 Agustus 2015 pukul 17.20 mengatakan...

thx kare.....

Unknown on 4 Maret 2016 pukul 14.10 mengatakan...

Kare,,, ko menu perpustakaan di SS nya "OFLINE UNTUK SEMENTARA" katanya.
upload nya ke mna dong klau gtu?

Thanks

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template