Kamis, 19 September 2013

Super Day - Perjalanan yang tak akan meninggalkan kata 'penyesalan'

Assalamu'alaykum Warahmatullahi Wabarakatuuh

hari ini, 19 september 2013 saya memenuhi panggilan tes dan interview di salah satu instansi di bilangan Jakarta, tepatnya di daerah juanda. ga tau jalan, bermodalkan naik kereta sampe di stasiun juanda kemudian naik ojek. kesan pertama yang saya rasain pas sampe di stasiun juanda, rasanya ingin ketawa girang ngeliat tukang ojek teriak dadah dadah manggilin orang untuk nawarin jasa ojeknya, dalam hati saya 'ini kaya di terminal lebak bulus deh hehehee' tapi saya salut dan patut diancungin 10 jempol gajah (sorry karena jempol saya kecil, enakan jempol gajah gede). kenapa saya salut? mereka begitu bersemangat mencari rezeki, tidak hanya diam nunggu calon penumpang yang nyamperin, tapi mereka berlomba lomba menawarkan diri mereka, mereka menjemput rezeki bukan cuma menanti rezeki.

akhirnya ketika saya turun tangga, knapa ga ada yang nawarin ke saya =_=, sampe saya colek colek itu bapak ojeknya 'pak pak, tau kantor ********** (sensor) ga?' setelah terjadi akad, maka saya naik ojek bapak itu, ga neko neko dia anter saya lewat jalan pintas. untungnya saya sering membiasakan diri ngobrol sama tukang ojek, nah di sepanjang perjalanan saya nanya nanya daerah juanda deh tuh hahahahaa maklum baru sekali itu ke juanda, dan ternyata itu stasiun sebrangnya udah Istiqlal.



sampailah saya di kantor tersebut sekitar jam stengah satu. di lobby ada beberapa orang yang juga pakai blazer berpakaian rapi seperti saya, bedanya mereka berkemeja putih dan sepatu hitam plus kerudungnya dimasukin ke blazer. berhubung saya suka berpenampilan sesuai kenyamanan saya, dengan pede saya pakai kemeja dan kerudung merah andalan (ngohohoo) + sepatu cream kesayangan, sambil duduk santai saya sapa orang di sebelah saya 'mau interview juga mbak?' singkat cerita seperti itu.

ketika sudah memasuki pukul 13.00 WIB semua pelamar dipersilakan ke lantai atas untuk tes dan interview, butuh waktu sekitar 30 menit untuk kami menunggu lagi. disitu saya berkenalan lagi dengan seorang teman dari depok. selama masa penantian -_- saya sharing banyak ke dia tentang trik berbicara supaya tidak terlihat gugup saat tes nanti, alhamdulillah dia begitu antusias dengan ceramahan saya. singkat cerita [lagi] seperti itu.

naah tiba lah pra tes, disitu dijelasin ketentuan bla bla bla dan saya tidak bisa memenuhi salah satu ketentuan yang diajukan oleh perusahaan tersebut, dengan elegan saya mundur teratur. tidak langsung pulang dengan harapan kosong, kenalan saya tadi dan kenalan baru lagi meminta saya mengajarkan mereka bagaimana cara memperkenalkan diri untuk tes nanti dan dengan senang hati saya jelaskan panjang lebar di toilet sambil mereka dandan mempersiapkan diri. setelah ceramah panjang, ketika saya mau pulang, ada lagi mbak mbak yang nanya, kemudian saya sharing lagi. masuk lagi satu orang, kmudian sharing berlanjut. Subhanallah bukan? setidaknya saya ga ngerasa ada sedikitpun penyesalan di dalam hati, justru saya senang bisa berbagi. saya menulis ini bukan untuk riya atau apapun yang dipandang negatif orang, tulisan ini semata mata hanya untuk memberi inspirasi, bahwa ada baiknya kalo kita punya ilmu sebaiknya dibagi-bagi kan? bener apa betul? :D

setelah keluar dari kantor tersebut, ada orang nawarin ojek, ga pikir macem macem saya minta dianter ke pasar baru setelah akad negosiasi tarif hehee. cukuplah saya disana beli sepatu buat ganti ganti nanti kuliah + nemu bahan persis yang dulu saya pernah beli di mayestik. harga? oh tentu beda, harganya lebih mahal =_=. karena saya udah tau harga, ya ditawarlah. berkat modal suka tawar menawar, dapet deh harga deal, lumayan buat bikin dress hehehee. sudah hampir jam 3, kemudian saya sms mama papa kasih tau kalo saya pulang sore karena mau solat ashar di masjid Istiqlal. mau makan dulu takut ga keburu udah mau ashar, alhasil saya beli minum dan roti ajah di indomart :D setelah itu negosiasi ojek, dan naik ojek deh ke Istiqlal ( sebenernya keliatan deket, tapi kalo jalan kan lumayan capek).

sesampainya di halaman Istiqlal udah ada pengumuman agar semua jamaah yang ada di bawah dipersilakan untuk ke atas, karena sebentar lagi sholat berjamaah mau dimulai. waduh, saya ga denger ada suara adzan sama sekali -_-. abis nitipin sepatu, saya buru buru wudhu (pas lagi wudhu, imamnya udah takbir =_=). di situ saya berasa lagi di lapangan, lari sekencengnya biar masih bisa ikut dari rokaat pertama, petugas perempuan yang liat saya lari larian langsung nunjukkin shaf yang masih kosong. yak 2 shaf penuh dan saya di shaf kedua paling ujung (penutup barisan hehee), pas ngeluarin mukena dari tas, eeeh imamnya ruku' =_= ga keburu deh. sehabis solat dan berdoa, saya ambil qur'an yang ada di bagian depan, pas baru buka qur'an ada nenek nenek usia sekitar 70an ngomong ke saya 'neng neng ngajinya di sono noh sama pa ustadz' okee kemudian saya nyamperin pa ustadznya.

naah belajar ngaji dah tuh kita ber3 (saya, nenek nenek usia 70an taun itu, sama nenek nenek 1 lagi yang usianya mungkin udah samoe 80an tahun). waduh saya belajar bareng nenek nenek =_= padahal ada beberapa anak muda yang diajakin sama nenek 70an taun itu tapi ga mau ikutan. naah sempet ngobrol ngobrol deh tuh sama ustadz nya, ohyaa namanya Ustadz Mudhori AR. yaa ustadz Mudhori nanya saya tinggal dimana, sekarang kerja atau kuliah, dll dan dengan senang hati saya perkenalkan diri saya. nah pas giliran saya selesai ngaji, ustadznya nanya 'kamu dulu pernah sekolah di madrasah ya?' saya jawab 'hehee alhamdulillah iya ustadz, dulu sebelum TK saya sekolah TPA trus pas SMP saya sekolah di MTs, MTs negeri 3 pondok pinang (yes promosi hehee)' terus ustadznya nanggepin 'oh pantes bacaan qur'an nya lumayan bagus. mudah mudahan kuliah umumnya sukses, kerjaannya sukses terus jadi ustadzah deh' langsung saya amin kan perkataan ustadznya :D awalnya pas lagi ngobrol ditanya kuliah dimana dikira saya kuliah di uin karena saya pake jilbab =_= saya bilang 'ngga ustadz, saya kuliah ekstensi D3 ke S1 di gunadarma (promo lagi hahahaa). udah ngobrolnya, udah ngajinya kemudian saya menyendiri, cari tempat paling pewe, disitu saya baca yaasin trus berdoa yang banyak (mudah mudahan doa doa saya diqobul sama Allah yaa, aamiin *plis yang baca ini bantu aamiin nin yak :D )

ohyaa sekedar info, buat yang mau ikut pengajian ada ko tiap hari di Istiqlal, durasinya paling sejam kalo ngga abis solat dzuhur ya abis solat ashar. kalo ustadz Mudhori ada tiap hari rabu. naah pas lagi ngobrol saya tanya apa disana ada pengajian halaqoh untuk hafidz quran, ternyata ga ada cuma ada pengajian untuk perbaikan bacaan qur'an (yaa kaya yang saya tadi itu). terus saya dikasih info, ada temennya ustadz Mudhori namanya ustadz Walid, beliau qori tingkat internasional, walaupun bukan hafidz quran tapi beliau bacaannya bagus. saya disarankan ketemu sama ustadz Walid, belajar ngaji sama beliau tiap abis ashar sekitar 1 jam. kalo mau abis dzuhur gapapa coba aja minta sama ustadz Walidnya, dia orangnya baik banget katanya. naah ini bisa jadi buat referensi temen temen nih yang mau belajar ngaji gratis di Istiqlal hehehehee.

keluar dari masjid Istiqlal, saya bingung mau ke stasiun juanda lewat arah mana, secara Istiqlal itu gede banget. kemudian saya tanya sama petugas parkir disana. Subhanallah banget rezeki ga kemana, dia nawarin diri buat nganterin saya ke stasiun juanda, sekalian mau pulang katanya. aduh saya kan jadi ga enak, tapi trus dia langsung pergi ambil motor dan nyuruh saya nunggu dia. alhasil beneran, saya dianterin sampe depan stasiun, trus saya kasih sejumlah uang 'pak, ini buat tambahan beli bensin' eeh dia nolak malah nyuruh saya buru2 masuk, negosiasi saya pun ga berhasil akhirnya cuma bisa kasih ucapan terima kasih, dan saya longok nametag nya dia, namanya bapak Ma'mur. disitu saya spontan langsung berdoa semoga Allah membalas kebaikan pak Ma'mur dan memberi rezeki untuk pak Ma'mur. aamiin (mohon di aamiin kan juga yaa teman).

sampe di stasiun manggarai, lagi lagi saya harus mengucap syukur alhamdulillah karena ga lama kereta dari serpong dateng (ga perlu transit di tanah abang, ini kereta langsung bablas ke serpong hehehee). dengan perjuangan naik ke dalem kereta nya kaki ampe ngangkang ngangkang secara gerbong perempuannya kelewatan dari peron, tinggi pula kan naiknya alhamdulillah perjuangan ga sia sia bisa dapet duduk. selama perjalanan pulang saya dengerin surah ar-rohman, al-waqiah dan al-mulk yang udah berderet cantik di list music player. pasang hetset trus buka buku ON. naah di buku ON dijelasin bahwa kita harus buat jalan rezeki kita sendiri, buka jalan rezeki yang sebanyak banyaknya biar rezeki dateng ke kita lewat arah yang ga terduga (subhanallah).

tiba di rumah, alhamdulillah masih ada waktu buat solat magrib. selesai solat magrib seperti biasa, saya berdongeng ke mama papa tentang perjalanan saya hari ini hehehee. itu adalah kebiasaan unik saya, tiap saya pulang dari manapun, saya suka ceritain kegiatan saya selama di luar ngapain aja. dan adaaa ajah hikmah yang bisa diambil tiap harinya. kemudian saya kepikiran buat sharing perjalanan hari ini di blog, terinspirasi juga sama pak Jamal Azzaini (penulis buku ON ituuh) yang setiap harinya selalu nulis di website dia. mudah mudahan saya juga bisa menginspirasi teman teman lewat tulisan saya di blog ini. saya akan berusaha lebih selektif nulis di blog ini, tulisannya kudu yang bermutu biar bisa jadi ilmu yang dibagi bagi biar bermanfaat bukan curhatan aneh disaat saya lagi labil hehehee.

sekian ajah yaa, mohon maaf kalau ada kata kata yang kurang berkenan, yang kurang sopan, yang salah nulis, yang pemborosan bahasa. di luar itu semua, lagi lagi saya hanya ingin memberikan inspirasi, berbagi cerita dan pengalaman untuk teman teman :D

salam sukses selalu, tetap bersemangat dan jangan lupa sama Allah di saat kita senang maupun susah.

Waassamualaykum Warahmatullahi Wabarakatuh

0 komentar :

Posting Komentar

 

Super Sekar Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon and Edited by Sekar Stuti Ratridiwasa for Free Blogger Template