TUGAS 1 PENGANTAR TELEMATIKA
SEKAR STUTI RATRIDIWASA
1A113716
1A113716
KELAS 4KA28
1.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi layanan telematika dapat dengan mudah diakses
·
Kemajuan teknologi
Kemajuan teknologi membuat kemajuan di bidang
telematika ikut berkembang pesat. karenanya layanan telematika dapat dengan
mudah kita jumpai di berbagai bidang kehidupan, misalnya bidang informasi dan
bidang keamanan
·
Adanya teknologi digital
Telematika merupakan sarana komunikasi jarak jauh
melalui media elektromagnetik. Teknologi digital memungkinkan untuk
mentransmisikan sejumlah besar informasi dalam sekejap, dengan jangkauan
seluruh dunia, dan dalam berbagai cara, yaitu dengan perantara suara (telepon,
musik), huruf, gambar dan data atau kombinasi-kombinasinya.
2.
Peranan
telematika di berbagai bidang
Telematika merupakan
bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan manusia, bahkan menjadi komoditas
industri, bisnis informasi, media dan telekomunikasi. Ragam bentuk telematika
yang di sajikan merupakan apilkasi yang sudah berkembang di berbagai sektor kehidupan
sehingga tidak menutup kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan work
and play dapat menggunakan teknologi telematika sebagai penunjang kinerja semua
usaha di semua sektor kehidupan baik dalam sektor ekonomi, sosial dan budaya.
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka.
Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus belajar jarah
jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis web atau situs.
Kenyataan tersebut
dapat dimungkinkan dengan adanya teknologi telematika, yang dapat menghubungkan
guru dengan muridnya, dan mahasiswa dengan dosennya. Melihat hasil perolehan
belajar berupa nilai secara online, mengecek jadwal kuliah, dan mengirim naskah
tugas, dapat dilakukan. Peranan web kampus atau sekolagh termasuk cukup sentral
dalam kegiatan pembelajaran ini. Selain itu, web bernuansa pendidikan
non-institusi, perpustakaan online, dan interaksi dalam group, juga sangatlah
mendukung. Selain murid atau mahasiswa, portal e-learning dapat diakses oleh
siapapun yang memerlukan tanpa pandang faktor jenis usia, maupun pengalaman
pendidikan sebelumnya.
Layanan
Telematika dalam Bidang Pendidikan
Menurut Miarso (2004) terdapat sejumlah pilihan alternatif pemanfaatan di bidang pendidikan, yaitu :
1.
Perpustakaan Elektronik
Perpustakaan yang biasanya arsip-arsip
buku dengan di Bantu dengan teknologi informasi dan internet dapat dengan mudah
mengubah konsep perpustakaan yang pasif menjadi agresif dalam berinteraksi
dengan penggunanya. Homepage dari The Library of Congress merupakan salah satu
perpustakaan yang terbesar di dunia. Saat ini sebagian informasi yang ada di
perpustakaan itu dapat di akses melalui internet.
2. Surat Elektronik (email)
Dengan aplikasi sederhana seperti email
maka seorang dosen, pengelola, orang tua dan mahasiswa dapat dengan mudah
berhubungan. Dalam kegiatan di luar kampus mahasiswa yang menghadapi kesulitan
dapat bertanya lewat email.
3.
Ensiklopedia
Sebagian perusahan yang menjajakan
ensiklopedia saat ini telah mulai bereksperimen menggunakan CD ROM untuk
menampung ensiklopedia sehingga diharapkan ensiklopedia di masa mendatang tidak
hanya berisi tulisan dan gambar saja, tapi juga video, audio, tulisan dan
gambar, dan bahkan gerakan. Dan data informasi yang terkandung dalam
ensklopedia juga telah mulai tersedia di internet. Sesuai dengan perkembangan
ilmu pengetahuan maka data dan informasi yang terkandung dalam ensiklopedi
elektronik dapat diperbaharui.
4.
Sistem Distribusi Bahan
Secara Elektronis (Digital)
Dengan adanya sistem ini maka
keterlambatan serta kekurangan bahan belajar bagi warga belajar yang tinggal di
daerah terpencil dapat teratasi. Bagi para guru SD yang mengikuti penyetaraan
D2, sarana untuk mengakses program ini tdk menjadi masalah karena mereka dapat
menggunakan fasilitas yang dimiliki kantor pos yang menyediakan jasa internet.
5.
Tele-edukasi dan Latihan
Jarak Jauh dalam Cyber System
Pendidikan dan pelatihan jarak jauh
diperlukan untuk memudahkan akses serta pertukaran data, pengalaman dan sumber
daya dalam rangka peningkatan mutu dan keterampilan professional dari SDM di
Indonesia. Pada gilirannya jaringan ini diharapkan dapat menjangkau serta dapat
memobilisasikan potensi masyarakat yang lain, termasuk dalam usaha, dalam
rangka pembangunan serta kelangsungan kehidupan ekonomi di Indonesia, baik yang
bersifat pendidikan formal maupun nonformal dalam suatu “cyber system”.
6.
Pengelolaan Sistem Informasi
Ilmu pengetahuan tersimpan dalam
berbagai bentuk dokumen yang sebagian besar tercetak dalam bentuk buku, makalah
atau laporan informasi semacam ini kecuali sukar untuk diakses, juga memerlukan
tempat penyimpanan yang luas. Beberapa informasi telah disimpan dalam bentuk
disket atau CD ROM, namun perlu dikembangkan lebih lanjut sistem agar informasi
itu mudah dikomunikasikan. Mirip halnya dengan perpustakaan elektronik,
informasi ini sifatnya lebih dinamik (karena memuat hal-hal yang mutakhir)
dapat dikelola dalam suatu sistem.
7.
Video Teleconference
Keberadaan teknologi ini memungkinkan
siswa atau mahasiswa dari seluruh dunia untuk dapat berkenalan, saling mengenal
bangsa di dunia. Teknologi ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi, simulasi
dan dapat digunakan untuk bermain peran pada kegiatan pembelajaran yang berfungsi
menumbuhkan kepercayaan diri dan kerjasama yang bersifat sosial.
3.
Hal-hal
yang harus diperhatikan untuk mengurangi dampak negatif dari telematika
Banyaknya dampak
negatif dari penggunaan telematika membuat kita harus lebih berhati-hati dalam
penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, adapun cara mengatasi dampak
negatif dari perkembangan telematika itu sendiri adalah :
-
Menggunakan teknologi informasi sesuai
kebutuhan. Jangan lakukan hal-hal yang tidak penting, seperti bermain game. Karena hal tersebut dapat
menyebabkan kecanduan.
-
Memblokir situs-situs dan halaman web yang tidah
edukatif serta menimbulkan dampak buruk bagi diri sendiri.
-
Mengatur waktu dan jadwal kegiatan menggunakan
teknologi informasi agar tidak berlebihan dalam penggunaanya.
-
Lebih waspada dan teliti dalam menggunakan
setiap produk teknologi informasi.
-
Tidak menggunakan teknologi informasi untuk
melakukan kejahatan.
-
Tidak hanya sibuk dengan produk teknologi
informasi, lakukan kegiatan lain yang lebih berguna dan bermanfaat.
-
Lebih bijak dalam menghadapi perkembangan
teknologi informasi
4.
Fungsi
dari Telematika
Seiring dengan pengertian telematika sebagai sarana
komunikasi jarak jauh, maka fungsi telematika antara lain adalah :
1. Penyampai
informasi.
Telematika digunakan sebagai penyampai informasi
agar orang yang melakukan Komunikasi menjadi lebih berpengetahuan dari
sebelumnya. Bertambahnya pengetahuan manusia akan meningkatan keterampilan
hidup, menambah kecerdasan, meningkatkan kesadaran dan wawasan.
2. Sarana
Kontak sosial hidup bermasyarakat.
Interaksi sosial menimbulkan kebersamaan; keakraban,
dan kesatuan yang akan melahirkan kerjasama. Telematika menjadi penghubung
diantara peserta kerjasama tersebut, walaupun mereka tersebar dimana-mana.
Telematika menjembatani proses interaksi sosial dan kerjasama sehingga
menghasilkan jasa yang memiliki nilai tambah dibanding hasil perseorangan.
0 komentar :
Posting Komentar